TIPE TELUR AYAM DI PASARAN

Tanggal :25/05/2023 15.18.00 Penulis : Creative Team


Tingginya tingkat konsumsi telur ayam di Indonesia yang diminati oleh semua kalangan baik masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah, menengah, maupun tinggi menjadikan para peternak ayam layer juga menyesuaikan dengan telur yang diminta di pasaran. Penjualan ilegal telur yang sudah retak dan kemungkinan besar sudah tercampur dengan bakteri jahat menjadi pilihan bagi para pedagang nakal yang ingin menekan biaya modal bahan baku telur. Selain pedagang nakal, masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah atau bisa dikatakan miskin juga menjadi target dari penjualan telur retak ini. Telur yang beredar di pasaran tidak hanya terbagi menjadi telur layak jual dan telur tidak layak jual yang disebabkan karena keretakan telur tersebut. Terdapat beragam tipe telur yang didasarkan dengan bagaimana ayam tersebut dipelihara seperti telur organik, telur cage free, telur free range, telur omega-3, dan telur pasteurized.

 

Telur organik yaitu telur yang dihasilkan oleh ayam petelur yang dipelihara oleh peternak secara organik dengan hanya memberi pakan organik. Sekitar 50% pakan organik yang diberikan terbuat dari pakan jagung. Jagung yang diberikan juga harus benar-benar organik dalam artian pupuk yang digunakan harus pupuk kandang dan tidak boleh menggunakan pupuk kimia. Hal tersebut yang menjadi kesulitan untuk berbisnis telur organik serta penyebab harga telurnya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan telur biasa.

 

Selanjutnya ada telur free range. Telur free range yaitu telur yang dihasilkan dari ayam petelur yang dipelihara di alam terbuka. Jenis ayam petelur yang dipelihara dengan cara dibiarkan di alam terbuka ini biasanya jenis ayam kampung karena cenderung lebih tahan hidup di alam. Ayam yang dipelihara secara free range lebih sehat dibandingkan dengan ayam yang dipelihara dalam kandang baterai yang memiliki sekat-sekat dan membatasi gerak alami ayam seperti mengibaskan sayap sehingga ayam bisa mengalami stres. Telur yang dihasilkan dari ayam yang sehat maka kemungkinan juga akan sehat sehingga harganya menjadi lebih mahal.

 

Selain telur free range ada juga telur cage free. Telur cage free merupakan telur yang dibiarkan berkeliaran dengan bebas tetapi masih di dalam kandang. Jika telur free range dan cage free dilihat berdasar dengan tempat ayam tersebut dipelihara, maka ada telur yang dihasilkan berdasar dengan jenis pakan yang diberikan.

 

Terdapat telur omega 3 yang dihasilkan dari ayam petelur yang diberikan pakan yang tinggi akan kandungan omega 3. Selain itu ada telur pasteurized yaitu telur yang sudah mengalami proses pasteurisasi. Telur pasteurisasi konon lebih sehat dikonsumsi setengah matang atau mentah. Terakhir ada telur vegetarian. Telur ini dihasilkan oleh ayam yang tidak diberi pakan berupa daging, ikan, atau produk hewani lainnya. Biasanya harga telur vegetarian lebih mahal daripada harga telur biasa meskipun kandungan gizinya tetap sama.


Penggunaan peralatan ternak ayam yang berkualitas akan menunjang pengoperasian bisnis ternak ayam. Peternak pastinya akan dimudahkan dengan pemilihan peralatan ternak ayam serba otomatis. Supplier peralatan ternak ayam seperti PT Mitra Alat Ternak yang memiliki visi menjadi perusahaan 5 besar dalam industri peralatan peternakan ayam yang tersebar di seluruh Indonesia memiliki beragam produk peralatan ternak ayam yang disesuaikan dengan kebutuhan para peternak di berbagai kalangan. 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot