CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Tips Agar Brooding Lancar

Tanggal :20/10/2022 09.45.00 Penulis : Creative Team


Parameter keberhasilan masa brooding pada ayam broiler dapat dilihat dari pencapaian target berat badan dan tingkat keseragaman berat badan ayam. Jika hal tersebut tidak tercapai maka dapat dikatakan pelaksanaan brooding gagal dan perlu dievaluasi. Berikut tips agar brooding lancar dan hal yang mempengaruhi berhasil tidaknya masa brooding:

 

  • Heater

Heater menjadi peralatan paling utama saat brooding karena berfungsi sebagai induk buatan yang memberikan suhu hangat untuk ayam. Dalam memilih heater ada beberapa yang perlu diperhatikan seperti cara pengoperasian, suhu yang dikeluarkan, bahan baku, jenis, dan biaya.

 

  • Sekat (Chick Guard)

Sekat pada masa brooding berfungsi untuk melindungi anak ayam dari terpaan angin dan hewan liar sehingga panas dari heater terpusat pada area yang tersekat. Selain itu pembuatan sekat agar tidak menyebar ke seluruh ruangan. Sekat biasa dibentuk kotak ataupun melingkar. Kelebihan dari sekat melingkar yaitu menghindari menumpuknya ayam pada sudut kandang sedangkan kelebihan sekat kotak yaitu pembuatannya yang praktis. 

 

  • Litter

Litter atau alas kandang yang digunakan ketika masa brooding sebaiknya merupakan litter yang baru. Hal tersebut karena jika menggunakan litter yang sebelumnya sudah dipakai anak ayam bisa terkena stres disebabkan tingkat ammonia yang tinggi. Bahan litter yang dipilih perlu diperhatikan dari cara mendapatkan bahan litter tersebut, biaya, dan daya serap terhadap feses dan urin ayam.

 

  • Cahaya

Pencahayaan yang optimal berpengaruh terhadap sukses tidaknya pelaksanaan brooding. Pencahayaan membuat nafsu makan ayam tinggi sehingga dapat mencapai berat badan ayam yang diinginkan.

 

  • Kepadatan kandang

Kandang yang terlalu padat akan menyebabkan persaingan antar ayam dalam mendapatkan oksigen dan makanan. Hal ini juga meningkatkan peluang kanibalisme pada ayam. Lakukan pelebaran sekat tiap 3 atau 4 hari sekali sampai umur ayam 14 hari.

 

Selain itu kebutuhan DOC terhadap pakan dan minum juga harus terpenuhi agar masa brooding berjalan dengan lancar. PT Mitra Alat Ternak menjual tempat makan ayam broiler manual dan otomatis untuk menunjang keberhasilan brooding. Super feeder punos dapat digunakan dari mulai DOC sampai tahap panen. Selain super feeder punos kami memiliki beragam pilihan tempat makan ayam lainnya yang memiliki keunggulan pada setiap produknya.   

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot