CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Tips Membangun Kandang Close House

Tanggal :17/10/2022 10.13.00 Penulis : Creative Team


Sistem kandang ayam close house memiliki kelebihan karena tujuan utama dari sistem kandang ini yaitu menciptakan lingkungan pemeliharaan yang nyaman bagi ayam. Terdapat beberapa tahapan dalam mebangun kandang close house mulai dari pemilihan lahan sampai menghitung kebutuhan kipas yang digunakan dalam kandang close house tersebut. Berikut tips dalam membangun kandang close house:


1. Pemilihan lahan

Faktor yang harus diperhatikan dalam memilih lahan untuk lokasi kandang ayam close house diantaranya yaitu:

·       Akses jalan yang memadai

·       Dekat dengan jaringan listrik 3 phase

·       Mendapat izin dari masyarakat dan instansi terkait

·       Kualitas dan kuantitas air cukup sepanjang tahun

·       Lahan datar lebih diutamakan

·       Panjang dan lebar lahan cukup untuk dibangun kandang

 

2. Ukuran kandang

Spesifikasi teknis bangunan kandang close house yaitu panjang 120 meter dan lebar 12 meter. Tinggi per lantai 2 meter, dan jumlah lantai 1-3 lantai. Arah kandang memanjang timur-barat dan kapasitas kandang per meter persegi 14-25 ekor atau 20.000-36.000 ekor/lantai.

 

3. Peralatan kandang

Sistem ventilasi menjadi pokok dari kandang close house. Kelengkapan dari sistem ventilasi terdiri dari fan (kipas) dan evaporative cooling pad. Dalam brooding system dapat menggunakan heater. Berikutnya adalah pemasangan watering system menggunakan sistem nipple dengan regulator tekanan air. Pada tahap feeding system disarankan untuk menggunakan sistem fan feeding berpenggerak motor listrik. Hal ini bertujuan untuk mendistribusikan pakan ke seluruh kandang melalui pipa galvanis dengan screw conveyor atau auger.

 

4. Menghitung kebutuhan kipas

Semua kebutuhan untuk pertumbuhan ayam harus tersedia di dalam kandang. Selain kebutuhan makan dan air minum yang cukup serta berkualitas penting untuk memperhatikan sistem ventilasi udara yang baik serta suhu kelembapan udara yang optimal. Pada kandang close house terjadi pergerakan udara yang stabil dan tingkat kelembapan kandang bisa diatur sesuai kebutuhan ayam. Suhu yang dirasakan oleh tubuh ayam dinamakan suhu efektif. Suhu efektif ini dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu suhu ruangan (suhu yang terdeteksi di termometer), kelembapan, dan kecepatan aliran udara dalam kandang (yang mengenai tubuh ayam). Kebutuhan kipas dihitung berdasarkan kecepatannya untuk menurunkan temperatur yang selanjutnya menimbulkan wind chill effect. Wind chill effect merupakan efek penurunan suhu yang dirasakan akibat adanya hembusan angin yang mengenai permukaan tubuh/kulit ayam.

 

Bagi peternak pemula yang ingin membangun kandang close house ataupun peternak yang ingin meningkatkan kualitas kandang dengan sistem close house PT Mitra Alat Ternak menyediakan jasa instalasi dan upgrade kandang close house. Selain itu PT Mitra Alat Ternak juga menjual kipas kandang ayam dengan beragam pilihan jenis dan ukuran dengan kualitas terbaik.  

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot