CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Tips Mencegah Broiler Terserang Penyakit

Tanggal :27/10/2022 11.56.00 Penulis : Creative Team


            Ayam broiler merupakan ayam ras pedaging unggulan hasil dari persilangan jenis-jenis ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi terutama dalam memproduksi daging ayam. Waktu pemeliharaan ayam broiler yang cukup singkat menjadikan banyak orang tertarik dan memulai bisnis ayam broiler. Selain banyaknya kelebihan dalam berbisnis ayam broiler terdapat juga kelemahan dari bisnis ternak ayam broiler ini. Salah satu kelemahannya yaitu mudahnya ayam broiler terjangkit penyakit dan mengalami stress.


          Secara umum terdapat beberapa langkah yang berguna untuk mencegah ayam broiler terjangkit penyakit. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan dalam kandang ayam broiler kalian:

 

  • Sanitasi

Sanitasi merupakan upaya menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat melalui pengawasan terhadap lingkungan. Dalam hal ini, sanitasi bertujuan untuk menjaga kebersihan kandang untuk membunuh patogen atau bibit penyakit. Kegiatan sanitasi meliputi pembersihan peralatan kandang dengan mencuci peralatan tersebut. Setelah itu peralatan disemprot dengan disinfektan. Selain peralatan ternak, kandang ayam juga perlu dibersihkan menggunakan detergen dengan perbandingan 1 kg detergen dengan 1000 liter air. Setelah kandang dibersihkan dan kering taburkan kapur tohor di dalam kandang dengan dosis 0,2-0,5 kg/m2. Selama 2-3 hari biarkan kandang hingga kering. Setelah kandang kering peternak dapat menaburkan sekam dengan ketebalan 10 cm secara merata.

 

  • Isolasi

Isolasi merupakan tindakan yang diambil dengan tujuan untuk menerapkan pengendalian infeksi dan pencegahan menyebarnya penyakit menular. Dalam pemeliharaan ayam broiler isolasi dilakukan bagi ayam yang terjangkit penyakit. Ayam yang sakit ataupun diduga sakit dipindahkan ke kandang isolasi atau kandang tersendiri agar ayam lainnya tidak tertular penyakit tersebut. Pada kandang isolasi tidak boleh ada orang lain yang masuk ke dalam kandang selain pegawai kandang. Jika ayam yang diisolasi sudah kembali sehat maka peternak dapat menggabungkan ayam tersebut dengan ayam lainnya.

 

  • Vaksinasi

Vaksinasi merupakan kegiatan pemberian vaksin untuk membantu sistem imun mengembangkan perlindungan dari suatu penyakit. Vaksin mengandung mikroorganisme atau virus yang telah dalam keadaan lemah untuk memperoleh kekebalan penyakit tertentu. Sebelum peternak melakukan vaksinasi terhadap ayam broiler peternak perlu mengetahui umur ayam, jenis vaksin, dan penyakit apa saja yang sering menyerang ayam broiler. Hal tersebut dilakukan agar tujuan dari vaksinasi dapat tercapai.

  

Selain ketiga tindakan tersebut peternak juga perlu memperhatikan pendistribusian pakan dan minum bagi ayam. Mencukupi pakan dan minum baik kualitas maupun kuantitas merupakan hal yang wajib agar performa ayam maksimal. Pemilihan peralatan dalam kandang juga berpengaruh terhadap kualitas pakan dan minum. Tempat minum manual lebih beresiko menurunkan kualitas air minum karena mudah terpapar kotoran seperti sekam dan feses. PT Mitra Alat Ternak sebagai distributor alat kandang close house menyediakan tempat minum ayam otomatis ziggity watering system dengan keunggulan kemudahan dalam flushing dan terjaganya kualitas air karena tidak menggunakan tambahan mangkok sehingga air yang diminum ayam merupakan air yang higienis. 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot