CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Tips Mengatasi Berak Kapur

Tanggal :21/10/2022 10.44.00 Penulis : Creative Team

 

Berak kapur merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang ayam dan bersifat menular. Proses penularan penyakit berak kapur pada ayam dapat terjadi melalui penularan dari induk misalnya telur dan dapat juga penularan melalui kontak langsung misalnya peralatan, kandang, dan dapat terjadi antara ayam yang sakit dengan ayam yang sehat.

 

Pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi ayam dari penyakit berak kapur dengan cara sebagai berikut:

  • Bersihkan kandang dan peralatan ternak
  • Bersihkan sisa makanan dalam kandang
  • Lakukan sanitasi kandang. Gunakan desinfektan untuk mengurangi bakteri atau jamur yang menempel pada kandang
  • Pastikan pakan ternak bergizi.
  • Lakukan vaksinasi atau pemberian antibiotik.

 

Jika setelah melakukan pencegahan pada ternak tetapi ternak terjangkit penyakit berak kapur, berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti guna meminimalisir dampak negatif dari penyakit berak kapur:

  • Pemisahan pada ayam yang sakit

Langkah pertama yaitu pisahkan ayam yang terjangkit penyakit berak kapur agar tidak menular ke ayam lainnya yang sehat. Siapkan kandang khusus yang bersih dan terawat untuk ayam yang terjangkit agar daya tubuh ayam juga meningkat untuk melawan bakteri.


  • Pemberian antibiotik dan multivitamin

Pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik dengan menyuntikkannya, biasanya penyuntikan ini dapat dilakukan di bagian sayap. Antibiotik atau multivitamin yang digunakan harus sesuai dengan dosis yang ditentukan.


  • Pemusnahan

Jika ayam sudah kritis sebaiknya lakukan pemusnahan untuk memutus siklus bakteri yang menyebabkan berak kapur muncul kembali. Pemusnahan sebaiknya dilakukan dengan penimbunan yang jauh dari kandang maupun ayam lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi bakteri.

 

Pencegahan dan penanganan yang cepat dan tepat sangat diperlukan ketika ayam mengalami berak kapur. Beberapa penyakit yang menjangkiti ayam dapat menular melalui peralatan kandang yang digunakan. PT Mitra Alat Ternak sebagai supplier tempat minum ayam menjual Ziggity watering system. Ziggity watering system merupakan tempat minum ayam otomatis tanpa mangkok yang memiliki kelebihan salah satunya yaitu memudahkan pegawai kandang dalam melakukan flushing. 

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot