CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Tips Menghambat Munculnya Lalat di Peternakan Ayam

Tanggal :02/01/2023 10.32.00 Penulis : Creative Team


Pada musim penghujan seperti saat-saat ini munculnya lalat di peternakan ayam menjadi hal yang tidak asing bagi peternak. Keluhan mengenai munculnya populasi lalat masih sering terjadi di kalangan peternak. Curah hujan yang tinggi menyebabkan kelembapan dalam kandang meningkat dan membuat ayam berada dalam kondisi yang tidak nyaman.


Pengendalian lalat dalam kandang ayam penting dilakukan karena jika diabaikan dapat merusak hubungan baik dengan tetangga di sekitar kandang yang terganggu oleh keberadaan lalat tersebut. Dalam waktu kurang lebih 5 hari lalat betina mampu berkembang biak dengan menghasilkan sekitar 500 butir telur. Perkembangbiakan lalat yang tergolong cepat dengan jumlah yang banyak menjadi alasan mengapa pengendalian lalat dalam kandang ayam sangat penting untuk diperhatikan dan dilaksanakan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghambat perkembangbiakan lalat dalam kandang ayam:


  • Bersihkan feses ayam minimal seminggu sekali dikarenakan lalat betina mampu bertelur setiap minggunya.
  • Berikan pakan dengan kandungan protein kasar dan garam yang sesuai. Pakan yang mengandung protein kasar dan garam terlalu tinggi akan menyebabkan ayam cenderung banyak minum sehingga feses menjadi basah. Tambahkan batu kapur maupun abu pada litter atau alas kandang agar kemampuan tanah dalam menyerap air dapat optimal.
  • Penggantian dan pengisian air minum ayam harus dilakukan secara hati-hati karena jika tumpah di atas litter akan menyebabkan litter menjadi lembab.
  • Jika feses ayam akan dimanfaatkan kembali maka feses perlu dikeringkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Feses yang basah akan mengundang kerumunan lalat.
  • Perhatikan sistem sirkulasi udara. Fungsi kipas dalam kandang close house untuk mengeluarkan udara panas dari kandang. Kandang ayam dengan tingkat ammonia yang tinggi juga dapat diminimalisir dengan penggunaan kipas. Kipas kandang close house bisa didapatkan di distributor alat kandang ayam broiler.
  • Perhatikan saluran pembuangan air. Hindari adanya air yang mengendap di lingkungan sekitar peternakan/kandang.
  • Menjaga sanitasi kandang. Ayam yang sakit atau mati harus segera dipisahkan dari ayam yang sehat. Pembersihan peralatan kandang dapat dilakukan dengan penyemprotan dan pencucian menggunakan desinfektan.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot