CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Tips Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan pada Ayam

Tanggal :17/01/2023 13.51.00 Penulis : Creative Team


Saluran pencernaan merupakan sistem organ dalam yang berfungsi untuk menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut menjadi feses. Saluran pencernaan pada ayam dimulai dari paruh ayam sampai kloaka. Kesehatan saluran pencernaan ayam sangat penting untuk diperhatikan karena berkaitan dalam pencapaian feed convertion ratio (FCR). Feed convertion ratio menjadi salah satu parameter untuk menilai apakah saluran pencernaan pada ayam tergolong sehat atau tidak. Jika kondisi saluran pencernaan ayam dalam kondisi sehat maka sistem pencernaan dalam penyerapan nutrisi dapat berfungsi dengan baik. Pemanfaatan nutrisi pakan akan optimal jika saluran pencernaan pada ayam dalam kondisi sehat.


Dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan agar ternak ayam Anda memiliki performa yang optimal:

1.      Berikan dan sediakan pakan dengan nilai nutrisi ataupun gizi sesuai dengan kadar kebutuhan ayam.

2.      Kurangi bibit penyakit dalam kandang dengan membersihan kandang secara berkala.

3.      Lakukan pengapuran kandang untuk menghindari penyakit koksidiosis.

4.      Lakukan pengecekan kualitas air minum serta lakukan sanitasi air minum

5.      Lakukan monitoring terhadap konsumsi pakan.

6.      Berikan multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan ayam.

7.      Perhatikan suhu, kelembapan, ventilasi, kepadatan kandang serta kualitas litter (alas kandang).


Tingginya tingkat ammonia dalam kandang ayam dapat merusak jaringan mukosa pada ayam. Adanya kerusakan jaringan mukosa usus akan menyebabkan proses pencernaan dan penyerapan zat nutrisi menjadi tidak optimal. Penggunaan kipas dalam kandang close house dapat meminimalisir tingginya tingkat ammonia dalam kandang. Terdapat beberapa supplier peralatan ternak yang menjual kipas kandang ayam dengan jenis yang beragam. Pastikan untuk selalu memilih supplier terpercaya dengan jenis dan spesifikasi kipas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tingginya tingkat ammonia juga dapat meningkatkan tingkat probabilitas ayam terkena stress yang dapat memicu efek imunosupresif sehingga ayam menjadi mudah terserang penyakit terutama penyakit yang berkaitan dengan pencernaan.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot