TIPS MENJAGA PERFORMA AYAM LAGA SAAT PANCAROBA

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Dalam ternak ayam pengaruh cuaca sangat besar dan berdampak terhadap kesehatan ayam. Bagi ayam broiler cuaca akan berpengaruh pada pertumbuhan bobot badan ayam dan pada ayam layer cuaca yang ekstrim atau masa pancaroba berpengaruh pada kualitas dan kuantitas telur yang dihasilkannya. Lalu bagaimana pengaruh cuaca ekstrim atau masa pancaroba terhadap ayam laga?

 

Ayam laga merupakan ayam jantan yang secara khusus dipelihara untuk ditandingkan atau diadu. Kesehatan ayam laga sangat penting karena faktor tersebut yang menentukan kelincahan dan ketangguhan ayam laga saat di arena pertandingan. Ayam laga yang tangguh, agresif, dan bertenaga menjadi idaman para penghobi ayam laga. Dampak cuaca yang ekstrim saat masa pancaroba dapat menurunkan performa ayam laga.

 

Tingkat kelembapan di Indonesia yang tinggi akan semakin bertambah tinggi saat musim hujan. Hal tersebut dikarenakan curah hujan yang tinggi ditambah dengan suhu yang rendah sehingga terjadi peningkatan kelembapan udara. Kelembapan yang tinggi akan menurunkan performa ayam laga karena resiko adanya wabah penyakit sehingga peternak atau penghobi ayam laga harus melakukan antisipasi maupun persiapan saat akan menghadapi masa pancaroba. Sebelum masa pancaroba datang bersihkan kandang terlebih dahulu. Pembersihan kandang yang dilakukan secara rutin dapat mencegah pertumbuhan bibit penyakit. Feses yang menumpuk dan lama tidak dibersihkan akan mengundang lalat untuk hinggap dan meningkatkan kadar ammonia dalam kandang. Kadar ammonia yang tinggi akan menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan ayam.

 

Kualitas pakan dan air minum untuk ayam laga saat masa pancaroba harus dikelola dengan baik. Sistem FIFO (first in first out) dan FEFO (first expired first out) dalam manajemen penyimpanan pakan sangat dianjurkan untuk diterapkan agar kualitas pakan yang diberikan dapat stabil kualitasnya. Pemberian air minum untuk ayam laga harus diberikan secara ad libitum atau tidak dibatasi. Jangan sampai ayam laga mengalami dehidrasi terlebih lagi saat cuaca ekstrim masa pancaroba karena pada masa tersebut kondisi kesehatan ayam dapat menurun secara tiba-tiba.

 

Berbeda dengan perawatan ayam konsumsi lainnya, ayam laga perlu dimandikan setiap pagi untuk menjaga kebersihan tubuhnya. Gunakan air yang bersih saat memandikan ayam laga agar penampilan ayam laga semakin menarik dan terlihat segar. Saat masa pancaroba terlebih pada malam hari suhu udara relatif lebih dingin. Untuk mencegah agar ayam laga tidak kedinginan bisa dengan penambahan pemanas gasolec. Pemanas gasolec bisa didapatkan di supplier ataupun distributor alat kandang ayam.

 

Terakhir, untuk menjaga performa ayam laga saat masa pancaroba peningkatan daya tahan tubuh ayam laga melalui pemberian multivitamin dan suplemen tambahan sangat dianjurkan. Tantangan kondisi cuaca ekstrim saat pancaroba bisa diatasi dan dilewati dengan baik jika peternak ataupun penghobi ayam laga mengetahui dengan baik cara mengantisipasinya.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot