TIPS MENYIMPAN AYAM MARINASI AGAR TAHAN LAMA

Tanggal : 11 Mei 2023 Penulis : Creative Team


Marinasi ayam merupakan proses penambahan rasa pada ayam dengan cara merendam ayam dalam bumbu rempah-rempah dan waktu tertentu. Tujuan dari marinasi ayam yaitu agar rasa ayam lebih kuat dan daging menjadi lebih empuk. Rempah-rempah yang digunakan untuk marinasi harus terjaga kesegarannya agar terhindar dari bakteri penyebab penyakit. Cara menyimpan ayam marinasi tentu berbeda dengan ayam segar. Agar ayam marinasi dapat disimpan lebih lama berikut terdapat tips-tips yang bisa kalian terapkan:

 

1.      Gunakan wadah simpan yang tepat

Wadah berbahan logam sangat tidak dianjurkan sebagai wadah simpan ayam marinasi. Alasannya karena kandungan logam dapat mengubah rasa ayam marinasi. Sebaiknya gunakanlah wadah berbahan kaca atau plastik zip lock. Wadah media simpan ayam marinasi harus ditutup agar bumbu meresap sempurna dan daging terasa lebih empuk.

 

2.      Simpan di lemari pendingin

Jangan simpan ayam marinasi di dalam suhu ruangan karena bakteri dapat berkembang dengan cepat. Simpanlah ayam marinasi di lemari pendingin. Tetapi jika ayam dimarinasi dengan bumbu yang mengandung asam seperti cuka atau lemon lebih baik untuk segera diolah/dimasak sekitar 30 menit sampai 3 jam setelah proses marinasi. Jika bumbu marinasi tidak mengandung asam dan cuka, ayam bisa tahan maksimal selama 24 jam atau 2 hari. Jangan tambahkan garam terlalu banyak saat proses marinasi karena garam dapat melemaskan serat otot dan ayam bisa kehilangan rasa aslinya.

 

3.      Bekukan di freezer

Jika Anda ingin lebih lama lagi menyimpan ayam marinasi Anda bisa menyimpannya di freezer. Proses pembekuan bisa menghentikan proses pengasinan hingga daging ayam dicairkan. Penyimpanan ayam marinasi dalam freezer bisa tahan sampai 6 bulan. Akan lebih baik lagi jika ayam marinasi sebelum diletakkan di freezer dimasukkan ke plastic zip lock dan divakumkan terlebih dahulu. 

 

Setelah menerapkan ketiga tips di atas bisa dipastikan lama masa simpan ayam marinasi menjadi lebih tahan lama. Peternak juga berkewajiban untuk menjual ayam yang sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit yang ada dalam kandang. Peralatan-peralatan kandang ayam juga perlu diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap performa ayam. Terdapat banyak supplier peralatan ternak ayam yang tersebar di seluruh Indonesia dengan menawarkan beragam produk unggulannya. Peternak wajib untuk teliti dalam memilih produk dan mengetahui secara sempurna tentang fungsi, cara instalasi, cara pengoperasian, dan hal-hal lain yang harus diketahui mengenai suatu produk peralatan ternak yang digunakannya.  


kategori Blog

Tag

Post terbaru

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui