TIPS PEMBERIAN PAKAN DAN MINUM AYAM BROILER

Tanggal : 11 Mei 2023 Penulis : Creative Team


            Kebutuhan minum ayam broiler mencapai 2-2,5 kali dari pakan yang dikonsumsi. Pola pemberian pakan dan minum ayam broiler yang dilakukan oleh peternak secara baik akan membantu meningkatkan konsumsi pakan. Pada 10 hari pertama sebaiknya pakan yang disediakan dalam bentuk fine crumble. Pergantian jenis pakan harus dilakukan secara bertahap selama 2-3 hari agar ayam tidak stress dan tidak mengalami penurunan feed intake.


            Penempatan tempat pakan dan minum ayam harus mudah dijangkau dan diatur ketinggiannya sesuai dengan tinggi ayam. Kesalahan pengaturan ketinggian tempat pakan dan minum mengakibatkan pakan dan air minum banyak yang terbuang. Pemilihan tempat minum ayam otomatis juga dapat meminimalisir air yang terbuang sia-sia dan jatuh ke sekam. PT Mitra Alat Ternak menjual tempat minum ayam otomatis Ziggity watering system yang memiliki banyak keunggulan dan meningkatkan performa ayam.


            Ketersediaan air yang higienis sangat diperlukan setiap waktu. Konsumsi air minum pada ayam berkorelasi dengan temperatur lingkungan. Pada temperatur lingkungan di atas 21oC berefek meningkatnya konsumsi air minum rata-rata 6,5% per 1oC kenaikan temperatur lingkungan. Klorinasi dengan level 3-5 ppm sangat diperlukan untuk mengurangi kontaminasi pada air minum.


kategori Blog

Tag

Post terbaru

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui