CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Tips Sukses Usaha Ternak Ayam Layer

Tanggal :29/11/2022 15.37.00 Penulis : Creative Team


Menjadi pebisnis sukses tentu tidak bisa didapatkan secara instan. Usaha, kerja keras, dan pengetahuan sangat diperlukan dalam menjalankan usaha di bidang apapun. Pebisnis harus cermat melihat peluang dan kesempatan yang datang. Memahami minat yang besar dari masyarakat terhadap telur menjadikan banyak orang berminat untuk usaha ternak ayam layer.


Ayam layer merupakan ayam betina yang sengaja dibudidayakan untuk diambil telurnya saja. Usaha ternak ayam layer menjadi pilihan yang tepat karena beberapa alasan diantaranya telur ayam merupakan komoditas pangan hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat, harga telur yang terjangkau, mengandung zat gizi dan nutrisi dalam telur yang dibutuhkan oleh tubuh. Usaha ternak ayam layer dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Berikut beberapa tips agar usaha ternak ayam layer Anda dapat berhasil.


1.      Pemilihan lokasi kandang

Pemilihan lokasi kandang harus dicermati peternak sebelum mempersiapkan hal lainnya. Ayam layer cenderung mudah stres dan memiliki bau kotoran yang cukup menyengat. Pemilihan lokasi kandang yang direkomendasikan yaitu memiliki jarak yang cukup jauh dengan pemukiman warga dan terhindar dari bunyi-bunyi nyaring yang dapat membuat ayam cepat stress.

 

2.      Pemilihan bibit ayam layer berkualitas

Telur yang bagus berasal dari ayam yang unggul. Dengan bibit ayam yang unggul ini Anda dapat menghasilkan telur berkualitas dan meraup untung lebih banyak. Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan bibit ayam layer berkualitas. Antara lain dengan cara menetaskan bibit ayam layer atau dengan membeli langsung ayam siap panen langsung dari distributor.

 

3.      Pemberian pakan ayam yang bergizi

Telur ayam yang berkualitas diperoleh dari bibit ayam yang unggul dan sehat. Oleh karenanya, penting bagi Anda memilih pakan ayam yang bagus. Selain pakan, asupan lainnya yang harus Anda perhatikan adalah pemberian obat anti stres yang dilarutkan dengan air minum dan sedikit gula agar rasanya tidak pahit. Hal ini dilakukan guna menjaga ayam-ayam yang ada agar terhindar dari stres sebab jika stres melanda ayam-ayam tersebut tidak bisa menghasilkan telur yang berkualitas dan berpotensi gagal panen. Kualitas pakan ayam harus terjaga dengan baik sampai pakan tersebut dapat dimakan oleh ayam. Tempat pakan ayam bisa didapatkan dari supplier maupun distributor peralatan ternak yang menjual tempat pakan ayam layer.

 

4.      Kebersihan kandang

Kandang yang bersih akan membawa dampak baik terhadap kesehatan ayam-ayam yang ada. Ayam yang sehat akan menghasilkan telur dengan kualitas baik dan usaha ternak ayam layer Anda dapat berjalan dengan lancar.

 

5.      Melakukan vaksinasi

Vaksinasi dilakukan untuk menjaga kualitas telur agar tetap prima, bibit ayam layer yang Anda miliki haruslah divaksin. Vaksin ini diberikan sebagai nutrisi tambahan dan vitamin untuk menjaga kesehatan ayam layer. Jangan satukan ayam yang sakit dengan ayam lainnya. Hal ini dikarenakan ayam yang sakit akan lebih mudah menyebarkan penyakit pada ayam lainnya. Jika terdapat ayam yang sakit, usahakanlah untuk memisahkannya dan memberikan perawatan yang intensif.

 

Setelah melaksanakan 5 tips diatas, Anda juga perlu memasarkan produksi telur ternak ayam layer Anda dengan melakukan kerjasama atau mitra usaha. Anda dapat menjual telur ke rumah-rumah penduduk di dekat Anda, tengkulak, toko kelontong, tempat usaha makanan, distributor atau agen, dan masih banyak lagi.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot