TIPS TINGKATKAN KUALITAS KARKAS AYAM

Tanggal : 23 Jun 2023 Penulis : Creative Team

TIPS TINGKATKAN KUALITAS KARKAS AYAM

 

Peternak ayam broiler di Indonesia dalam meningkatkan kualitas produk hasil ternaknya bisa melalui berbagai cara. Ada beberapa hal yang harus dijadikan prioritas saat peningkatan kualitas produk hasil ternak misalnya peningkatan kualitas karkas ayam. Karkas ayam mudah rusak karena didalamnya terkandung kandungan yang menjadi media subur untuk pertumbuhan mikroba seperti air, protein, mineral, dan enzim. Oleh karena itu peternak harus serius dalam proses pemeliharaan serta penanganan ayam broiler guna peningkatan kualitas karkas ayam yang dihasilkan. Mau tau faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan kualitas karkas ayam? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

 

1.      PAKAN

Pakan menjadi hal penting dan utama yang punya pengaruh sangat besar dan signifikan terhadap peningkatan kualitas serta mutu karkas ayam. Jenis pakan yang dipilih akan berpengaruh terhadap warna, aroma daging, dan kadar lemak pada karkas ayam yang dihasilkan. Nutrisi yang terkandung dalam pakan juga harus diperhatikan agar dapat menentukan pakan terbaik untuk ternaknya. Selain itu sesuaikan kandungan pakan dengan usia ayam misalnya ayam pada fase starter memerlukan pakan dengan nutrisi dan protein tinggi agar pertumbuhan maksimal sedangkan pada fase grower berusia 6-8 minggu pakan yang mengandung lebih sedikit protein. Tekstur pakan juga harus disesuaikan dengan usia ayam. Pakan bertekstur halus berbentuk tepung cocok digunakan pada fase starter. Sedangkan pada fase grower peternak dapat memberikan pakan yang lebih padat seperti crumble.

 

2.      AIR

Pemberian air pada ternak ayam broiler tidak hanya memperhatikan ketersedian yang cukup saja tetapi juga harus memperhatikan dari segi kualitasnya. Kurangnya konsumsi air minum bisa menyebabkan ayam terkena dehidrasi dan berdampak pada pertumbuhan ayam yang tidak maksimal. Konsumsi air pada ayam broiler berpengaruh pada efisiensi pakan. Air yang digunakan haruslah bersih, segar, bersuhu ruang, serta terbatas dari cemaran bahan berbahaya. Tempat minum ayam otomatis juga berperan dalam menjaga kualitas air tetap bersih. PT Mitra Alat Ternak memiliki ziggity watering system yang memiliki inovasi tempat minum otomatis tanpa cup. Inovasi ini beralasan karena cup hanya menjadi sarang bakteri dimana ayam sering

 

3.      Vaksin

Pemberian vaksin pada ternak ayam broiler juga perlu mempertimbangkan jenis vaksin dan waktu pemberian vaksin. Tujuan dari pemberian vaksin yaitu untuk mencegah ayam terkena penyakit yang banyak menjangkiti ayam di dalam kandang.

 

4.      Monitoring secara rutin

Pertumbuhan ayam broiler dalam kandang harus selalu dimonitor. Hal tersebut bertujuan agar jika terjadi penyebaran penyakit, peternak dapat mengidentifikasi masalah dan dapat mencegah penyebaran yang lebih parah lagi. Peternak harus mengetahui juga gejala-gejala dari penyakit ayam agar tidak salah saat penanganan. Monitoring pertumbuhan ayam bisa dengan melakukan penimbangan ayam secara berkala. Peternak bisa mendapatkan data berat ayam setiap jangka waktu tertentu. Sehingga peternak dapat menjadikan data tersebut sebagai acuan untuk menentukan apakah pertumbuhan ayam sudah berjalan maksimal atau belum.

 

5.      Sanitasi kandang

Sanitasi kandang ayam adalah suatu usaha pencegahan terhadap penyakit dengan cara menghilangkan atau mengatur faktor-faktor lingkungan yang berkaitan dalam rantai perpindahan penyakit. Sanitasi kandang perlu menjadi perhatian peternak untuk mencegah adanya penyebaran penyakit pada ayam broiler akibat kontaminasi mikroorganisme. Hal ini juga berpengaruh terhadap kesegaran karkas ayam yang dihasilkan.

 

6.      Pemotongan ayam

Cara peningkatan kualitas karkas ayam juga bisa dengan memperhatikan proses pemotongan ayam yang merupakan aspek penting tetapi sering luput dari perhatian peternak. Dalam proses pemotongan ini peternak tidak boleh sembarangan jika memang ingin menghasilkan karkas ayam berkualitas tinggi. Pastikan juga tidak terdapat darah yang tersisa pada ayam potong yang menjadi tempat subur untuk tumbuhnya mikroba dan bakteri. Untuk mengatasi terjadinya hal tersebut biasanya dengan cara menggantung ayam dengan posisi kaki di atas setelah proses pemotongan.

 

Jika tips-tips di atas sudah dilakukan semua maka probabilitas meningkatnya kualitas karkas ayam milik Anda dijamin akan meningkat. Semoga bermanfaat!


kategori Blog

Tag

Post terbaru

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui