CV.Mitra Alat Ternak - Jual Peralatan Kandang Ternak Open dan Close House
Verified Supplier
Tambah Ke Favorit

Mutu Karkas Ayam

Tanggal :19/11/2022 13.29.00 Penulis : Creative Team


Karkas ayam merupakan bagian tubuh ayam yang telah dilakukan penyembelihan secara halal dengan pencabutan bulu, pengeluaran jeroan, tanpa kepala, leher, kaki, paru-paru, dan ginjal. Ayam karkas biasa disebut ayam potong karena bentuknya yang beragam mulai dari yang utuh hingga yang sudah dipotong dan terbagi menjadi beberapa bagian. Karkas ayam terbagi menjadi karkas segar, karkas segar dingin, atau karkas beku. Mutu karkas dan daging ayam memiliki standar yang telah disusun BSN (Badan Standarisasi Nasional) tentang mutu karkas dan daging ayam.


Karkas ayam diklasifikasikan berdasarkan umur dan bobot karkas. Klasifikasi berdasarkan umur dibagi menjadi 3 kategori umur yaitu ayam muda (fryer/broiler) berumur kurang dari 6 minggu, ayam dewasa (roaster) berumur 6 sampai dengan 12 minggu, dan ayam tua (stew) berumur lebih dari 12 minggu. Klasifikasi berdasarkan bobot karkas juga dibagi menjadi 3 ukuran yaitu ukuran kecil dengan ukuran kurang dari 1 kg, ukuran sedang dengan ukuran 1 sampai 1,3 kg, dan ukuran besar dengan ukuran lebih dari 1,3 kg.


Persyaratan mutu karkas ayam ditentukan berdasarkan fisik dan mikrobiologis. Persyaratan tingkatan mutu fisik karkas ayam dibagi menjadi 3 mutu dimana mutu 1 merupakan mutu paling baik. Poin-poin faktor mutu terdiri dari konformasi, perdagingan, perlemakan, keutuhan, perubahan warna, dan kebersihan. Sedangkan untuk mutu biologis terdapat jenis-jenis bakteri yang terdapat patokan nilai maksimal yang dijadikan standar mutu karkas ayam seperti Salmonella, Coliform, Escherichia coli, dan jenis lainnya. Pada label kemasan primer terdapat standar informasi seperti nama produk, merk dagang, NKV, dan label halal. Sementara pada label kemasan sekunder tercantum nama produk, merk dagang, tanggal produksi, nama dan alamat produsen, berat bersih, NKV, label halal, dan cara penyimpanan.


Pemotongan ayam karkas selalu berjumlah genap oleh para pedagang ayam di pasar tradisional. Ciri daging ayam berkualitas berasal dari daging ayam yang segar karena tidak disimpan terlalu lama sehingga kualitas kandungan gizinya masih tetap terjaga. Ciri daging ayam yang masih segar yaitu daging tidak mengandung air, kulit mulus dan mengkilap, berbau khas daging, berwarna segar, serta bertulang kokoh. Kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap ayam karkas menjadi pemicu bagi para peternak untuk memenuhi kebutuhan tersebut. PT Mitra Alat Ternak sebagai supplier peralatan ternak ayam hadir untuk menunjang kebutuhan peternak ayam dalam menjalankan peternakannya dengan barang-barang yang berkualitas sehingga ayam yang diternakkan juga berkualitas dan tentunya sehat.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot